Apa sih yang dimaksud dengan perancangan produk dan jasa itu?
Perancangan produk dan jasa adalah proses identifikasi atau
pemilihan produk dan jasa untuk dapat disajikan kepada pelanggan. Untuk
memaksimalkan potensi keberhasilan sebuah perusahaan unggulan akan memfokuskan
hanya pada beberapa produk dan konsentrasi pada produk dan jasa tersebut.
Dalam perancangan produk dan jasa, manajemen harus secara seksama
membaca harapan-harapan dari konsumen dengan mempertahankan pelanggan melalui
peningkatan kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen. Selain itu pengambilan
keputusan produk adalah dengan mengembangkan dan menerapkan sebuah strategi
produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing, karena
kesuksesan sebuah perusahaan tergantung pada kemampuan untuk mengidentifikasi
kebutuhan pelanggan, untuk kemudian secara tepat menciptakan produk atau jasa
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Lalu, apa itu analisis trend produk dan jasa?
Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan
untuk melakukan suatu estimasi atau prediksi pada masa yang akan datang. Untuk
melakukan prediksi dengan baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data)
yang cukup banyak dan diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang,
sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar
fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap
perubahan tersebut. Secara teoristis, dalam analisis
time series yang paling menentukan adalah kualitas atau keakuratan dari informasi
atau data-data yang diperoleh serta waktu atau periode dari data-data tersebut dikumpulkan.
Dalam analisis trend produk dan jasa, seseorang atau perusahaan harus mampu
memprediksi kebutuhan konsumen yang akan datang. Untuk itu, dibutuhkan berbagai
macam informasi dan diamati dalam periode waktu tertentu sehingga dari hasil
analisis tersebut mampu menciptakan trend produk dan jasa yang akan dihasilkan.
Kemudian apa sih yang dimaksud dengan inovasi terhadap produk dan
jasa?
Inovasi merupakan sebuah sumber pertumbuhan perusahaan, dengan
inovasi perusahaan dapat memenangkan persaingan di pasar. Salah satu tugas
utama sebuah perusahaan atau produsen adalah meningkatkan penjualan produk dan
jasa yang dihasilkannya. Peningkatan penjualan tersebut, harus dilakukan untuk
meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan kesejahteraan bagi yang membutuhkannya.
Inovasi tidak hanya diartikan sebagai penemuan, tetapi dapat juga diartikan
sebagai pemecahan masalah untuk semua fungsi manajemen (pemasaran, produksi,
keuangan, dan SDM) atau segala usaha yang dilakukan perusahaan untuk membuat
perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga menghasilkan produk yang
lebih baik dari pesaing dan dapat dijual dengan harga yang kompetitif. Inovasi
produk dan jasa tersebut, harus mampu membuat konsumen untuk memandang produk
itu berbeda sehingga konsumen lebih tertarik pada produk tersebut daripada
produk pesaing. Inovasi dapat dipandang sebagai kemampuan untuk memprediksi
produk atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen, mampu memprediksi selera,
keinginan dan tren konsumen.
Apa sih yang dimaksud dengan rencana pemasaran itu?
Belajar mengenai rencana pemasaran, langkah pertama adalah mengenali dengan benar apa
yang dimaksud dengan pemasaran. Menurut Kotler dan Lane, pemasaran
adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Perencanaan pemasaran strategis menurut Mc
Donald adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran.
Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah
penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya.
Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya
pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan
pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi
keputusan pemasaran. Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi
pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi
pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Mempelajari dari
referensi yang ada, menurut kelompok kami rencana pemasaran merupakan dokumen
dasar untuk operasi dan pengendalian bagian pemasaran. Di dalamnya, disebutkan
apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, oleh siapa, mengapa dilakukan,
bagaimana hal tersebut akan dilakukan, dan lebih dari itu semuanya, apa hasilnya,
dalam bentuk laba, penjualan, bagian pasar, laba harta, yang harus dicapai.
Maksud rencana pemasaran adalah memberikan arah pada operasi perseorangan
maupun perusahaan serta mendorong pada diri sendiri / staff untuk mencapai
hasil yang lebih baik. Rencana tersebut menyajikan cara pendekatan tertulis
yang sistematis atas rencana dan tindakan yang akan diambil, serta menetapkan
target tertentu yang menjadi ukuran kemajuan perusahaan.
Lalu, apa itu strategi dan taktik pemasaran? Sebutkan dan jelaskan?!
Menurut Peter Drucker, seorang Profesor manajemen pemasaran,
definisi strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things)
dan taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar (doing the thing right).
Berdasar definisi tersebut, maka dapat diberikan pengertian bahwa taktik
merupakan rentetan dari pelaksanaan pekerjaan dari suatu strategi, agar dapat
mencapai tujuan, sedangkan strategi adalah penjabaran arah yang akan ditempuh
perusahaan atau organisasi pada masa yang akan datang.
Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu
di bidang pemasaran, yang menjadi panduan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan
demi tercapainya tujuan suatu perusahaan. Bagi para pemilik usaha, strategi
perusahaan ini menjadi suatu hal yang penting sebab dengan adanya strategi dan
taktik pemasaran ini memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan
dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya,
terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan
yang selalu berubah. Dengan demikian diperlukan strategi dan taktik pemasaran
yang dapat menyesuaikan dengan kondisi yang selalu berubah tersebut.
Dalam menentukan strategi pemasaran, sebuah perusahaan harus melakukan
analisis lingkungan dan internal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan
perusahaan, serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari
lingkungannya. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa
strategi pemasaran harus dapat menyesuaikan kondisi persaingan yang selalu
berubah, maka penting adanya penilaian kembali terhadap strategi pemasaran yang
telah ditetapkan sebelumnya. Penilaian atau evaluasi terhadap strategi yang
digunakan dapat dilakukan dengan analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan
ancaman. Melalui evaluasi strategi tersebut kemudian ditentukan apakah strategi
yang digunakan perlu diubah, dan sekaligus digunakan sebagai landasan untuk
menentukan strategi di masa mendatang.
Strategi Pemasaran:
-
Strategi penetrasi pasar
Startegi
pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang- barang dan jasa- jasa
yang sudah ada dengan memperbesar usaha- usaha penjualan dan penjualan.
-
strategi pengembangan pasar
Mencoba
meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa yang ada
kepada pasar baru.
-
strategi pengembangan produk
Mencoba
meningkatkan penjualan dengan memeperkenalkan produk dan jasa baru kepada pasar
yang sudah ada.
-
segmentasi pasar
Merupakan
strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru.
Taktik Pemasaran:
-
Diferensiasi : product, service,
people, image
-
Bauran pemasaran : product, price, place, promotion
-
Penjualan : fitur selling, benefit
selling, solution selling.
Kemudian apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran itu?
Bauran pemasaran (Marketing Fix) adalah strategi yang dijalankan
perusahaan yang berkaitan dengan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan
penawaran produk pada segment pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarnya.
Bauran pemasaran juga dapat dijelaskan sebagai seperangkat alat pemasaran yang
digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target
pasarnya. Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah
“4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama
lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai
berikut:
1)
Produk (product)
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,
diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
2) Harga (price)
Harga
merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan
suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang
ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang
sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran
yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga
harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang
membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
3) Tempat (place)
Tempat
termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen
sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat
memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4) Promosi (promotion)
Promosi
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan
manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk
yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut
dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk
mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Namun, dalam pelaksanannya bauran
pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau
bersifat fleksibel. Keempat variabel tersebut bersifat saling mempengaruhi,
sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi yang disebut strategi
bauran. Sedangkan strategi bauran itu sendiri merupakan bagian dari strategi
pemasaran dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan unsur-unsur atau
variabel-viabel pemasaran yang dapat dikendalikan pimpinan perusahaan, untuk
mencapai tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran.
DAFTAR PUSTAKA
Sinoem, Indrawani. Desain Produk dan Jasa.
http://www.mdp.ac.id/materi/2011-2012-2/MJ203/052103/MJ203-052103-820-4.ppt.
Diakses pada 23 maret 2013.
Anonim. (n.d.). Analisis Trend (Materi X : Pengertian
dan Metode Least Square). http://www.scribd.com/doc/48417459/ANALISIS-TREND
. Diakses pada 26 maret 2013.
Sumarwan,
Ujang. INOVASI
PRODUK, KEPUASAN KONSUMEN, DAN LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI PENENTU PERTUMBUHAN
PERUSAHAAN. Diakses pada 23
maret 2013.
Anonim. (n.d.). Pengertian Perencanaan Pemasaran. http://mycopypast.blogspot.com/2009/09/pengertian-perencanaan-pemasaran.html. Diakses pada 23 maret 2014.
Douglas, Foster.
1981. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Buku 2
Manajemen yang Sukses di Negara sedang Berkembang . Jakarta: Erlangga.
Assauri, Sofjan. 1990. Manajemen
Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : CV. Rajawali.
Team Dosen Kewirausahaan. 2010. “Modul Kewirausahaan”, Yayasan
Rumah Perubahan, Indonesia.
Nainggolan, Parlin. Perbedaan Strategi dan Taktik (dari segi
bisnis). http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2011/06/29/perbedaan-strategi-dan-taktik-dari-segi-bisnis-377307.html. Diakses pada 23 maret 2013.
Anonim. (n.d.). Bauran Pemasaran (marketing mix). http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html.
Diakses pada 26 maret 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar