Senin, 15 April 2013

Perancangan Produk & Jasa dan Rencana Pemasaran

Apa sih yang dimaksud dengan perancangan produk dan jasa itu?

Perancangan produk dan jasa adalah proses identifikasi atau pemilihan produk dan jasa untuk dapat disajikan kepada pelanggan. Untuk memaksimalkan potensi keberhasilan sebuah perusahaan unggulan akan memfokuskan hanya pada beberapa produk dan konsentrasi pada produk dan jasa tersebut.
Dalam perancangan produk dan jasa, manajemen harus secara seksama membaca harapan-harapan dari konsumen dengan mempertahankan pelanggan melalui peningkatan kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen. Selain itu pengambilan keputusan produk adalah dengan mengembangkan dan menerapkan sebuah strategi produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing, karena kesuksesan sebuah perusahaan tergantung pada kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, untuk kemudian secara tepat menciptakan produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Lalu, apa itu analisis trend produk dan jasa?
Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau prediksi pada masa yang akan datang. Untuk melakukan prediksi dengan baik maka dibutuhkan berbagai macam informasi (data) yang cukup banyak dan diamati dalam periode waktu yang relatif cukup panjang, sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui sampai berapa besar fluktuasi yang terjadi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terhadap perubahan tersebut. Secara teoristis, dalam analisis time series yang paling menentukan adalah kualitas atau keakuratan dari informasi atau data-data yang diperoleh serta waktu atau periode dari data-data tersebut dikumpulkan. Dalam analisis trend produk dan jasa, seseorang atau perusahaan harus mampu memprediksi kebutuhan konsumen yang akan datang. Untuk itu, dibutuhkan berbagai macam informasi dan diamati dalam periode waktu tertentu sehingga dari hasil analisis tersebut mampu menciptakan trend produk dan jasa yang akan dihasilkan.

Kemudian apa sih yang dimaksud dengan inovasi terhadap produk dan jasa?
Inovasi merupakan sebuah sumber pertumbuhan perusahaan, dengan inovasi perusahaan dapat memenangkan persaingan di pasar. Salah satu tugas utama sebuah perusahaan atau produsen adalah meningkatkan penjualan produk dan jasa yang dihasilkannya. Peningkatan penjualan tersebut, harus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan kesejahteraan bagi yang membutuhkannya. Inovasi tidak hanya diartikan sebagai penemuan, tetapi dapat juga diartikan sebagai pemecahan masalah untuk semua fungsi manajemen (pemasaran, produksi, keuangan, dan SDM) atau segala usaha yang dilakukan perusahaan untuk membuat perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga menghasilkan produk yang lebih baik dari pesaing dan dapat dijual dengan harga yang kompetitif. Inovasi produk dan jasa tersebut, harus mampu membuat konsumen untuk memandang produk itu berbeda sehingga konsumen lebih tertarik pada produk tersebut daripada produk pesaing. Inovasi dapat dipandang sebagai kemampuan untuk memprediksi produk atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen, mampu memprediksi selera, keinginan dan tren konsumen.

Apa sih yang dimaksud dengan rencana pemasaran itu?
Belajar mengenai rencana pemasaran, langkah pertama adalah mengenali dengan benar apa yang dimaksud dengan pemasaran. Menurut Kotler dan Lane, pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Perencanaan pemasaran strategis menurut Mc Donald adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran. Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Mempelajari dari referensi yang ada, menurut kelompok kami rencana pemasaran merupakan dokumen dasar untuk operasi dan pengendalian bagian pemasaran. Di dalamnya, disebutkan apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, oleh siapa, mengapa dilakukan, bagaimana hal tersebut akan dilakukan, dan lebih dari itu semuanya, apa hasilnya, dalam bentuk laba, penjualan, bagian pasar, laba harta, yang harus dicapai. Maksud rencana pemasaran adalah memberikan arah pada operasi perseorangan maupun perusahaan serta mendorong pada diri sendiri / staff untuk mencapai hasil yang lebih baik. Rencana tersebut menyajikan cara pendekatan tertulis yang sistematis atas rencana dan tindakan yang akan diambil, serta menetapkan target tertentu yang menjadi ukuran kemajuan perusahaan.

Lalu, apa itu strategi dan taktik pemasaran? Sebutkan dan jelaskan?!
Menurut Peter Drucker, seorang Profesor manajemen pemasaran, definisi strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar (doing the right things) dan taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar (doing the thing right). Berdasar definisi tersebut, maka dapat diberikan pengertian bahwa taktik merupakan rentetan dari pelaksanaan pekerjaan dari suatu strategi, agar dapat mencapai tujuan, sedangkan strategi adalah penjabaran arah yang akan ditempuh perusahaan atau organisasi pada masa yang akan datang.
Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh dan terpadu di bidang pemasaran, yang menjadi panduan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan demi tercapainya tujuan suatu perusahaan. Bagi para pemilik usaha, strategi perusahaan ini menjadi suatu hal yang penting sebab dengan adanya strategi dan taktik pemasaran ini memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Dengan demikian diperlukan strategi dan taktik pemasaran yang dapat menyesuaikan dengan kondisi yang selalu berubah tersebut.
Dalam menentukan strategi pemasaran, sebuah perusahaan harus melakukan analisis lingkungan dan internal perusahaan melalui analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisis kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya. Selain itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa strategi pemasaran harus dapat menyesuaikan kondisi persaingan yang selalu berubah, maka penting adanya penilaian kembali terhadap strategi pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Penilaian atau evaluasi terhadap strategi yang digunakan dapat dilakukan dengan analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman. Melalui evaluasi strategi tersebut kemudian ditentukan apakah strategi yang digunakan perlu diubah, dan sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menentukan strategi di masa mendatang.
Strategi Pemasaran:
-            Strategi penetrasi pasar
Startegi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan barang- barang dan jasa- jasa yang sudah ada dengan memperbesar usaha- usaha penjualan dan  penjualan.
-            strategi pengembangan pasar
Mencoba meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produk barang dan jasa yang ada kepada pasar baru.
-            strategi pengembangan produk
Mencoba meningkatkan penjualan dengan memeperkenalkan produk dan jasa baru kepada pasar yang sudah ada.
-            segmentasi pasar
Merupakan strategi pemasaran yang sangat terkenal bagi usaha yang baru.

Taktik Pemasaran:
-            Diferensiasi : product, service, people, image
-            Bauran pemasaran : product,  price, place, promotion
-            Penjualan : fitur selling, benefit selling, solution selling.

Kemudian apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran itu?
Bauran pemasaran (Marketing Fix) adalah strategi yang dijalankan perusahaan yang berkaitan dengan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk pada segment pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarnya. Bauran pemasaran juga dapat dijelaskan sebagai seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:


1)   Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

2)   Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.

3)   Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.

4)   Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Namun, dalam pelaksanannya bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel. Keempat variabel tersebut bersifat saling mempengaruhi, sehingga semuanya penting sebagai satu kesatuan strategi yang disebut strategi bauran. Sedangkan strategi bauran itu sendiri merupakan bagian dari strategi pemasaran dan berfungsi sebagai pedoman dalam menggunakan unsur-unsur atau variabel-viabel pemasaran yang dapat dikendalikan pimpinan perusahaan, untuk mencapai tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran.


DAFTAR PUSTAKA


Sinoem, Indrawani. Desain Produk dan Jasa.

Anonim. (n.d.). Analisis Trend (Materi X : Pengertian dan Metode Least Square). http://www.scribd.com/doc/48417459/ANALISIS-TREND . Diakses pada 26 maret 2013.

Sumarwan, Ujang. INOVASI PRODUK, KEPUASAN KONSUMEN, DAN LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI PENENTU PERTUMBUHAN PERUSAHAAN. Diakses pada 23 maret 2013.
Anonim. (n.d.). Pengertian Perencanaan Pemasaran. http://mycopypast.blogspot.com/2009/09/pengertian-perencanaan-pemasaran.html. Diakses pada 23 maret 2014.

Douglas, Foster. 1981. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Buku 2 Manajemen yang Sukses di Negara sedang Berkembang . Jakarta: Erlangga.
Assauri, Sofjan. 1990. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : CV. Rajawali.

Team Dosen Kewirausahaan. 2010. “Modul Kewirausahaan”, Yayasan Rumah Perubahan, Indonesia.

Nainggolan, Parlin. Perbedaan Strategi dan Taktik (dari segi bisnis). http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2011/06/29/perbedaan-strategi-dan-taktik-dari-segi-bisnis-377307.html. Diakses pada 23 maret 2013.

Anonim. (n.d.). Bauran Pemasaran (marketing mix). http://www.wealthindonesia.com/lain-lain/bauran-pemasaran-marketing-mix.html. Diakses pada 26 maret 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar